22 Juni 2012

CONTOH ATUR ACARA API UNGGUN

Pada awal bulan ini.., alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah. 

Dalam kegiatan tersebut, saya juga diberi kesempatan untuk menjadi pembawa acara Api Unggun. Pada kesempatan kali ini saya mencoba menuliskan kembali contoh atur acara api unggun. Berikut atur acara Api Unggun tersebut. Selamat membaca kawan.... :)

ATUR ACARA API UNGGUN
KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN
KWARTIR DAERAH 11 JAWA TENGAH
ANGKATAN II DAN III TAHUN 2012

Upacara penyalaan api unggun, Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Kwartir Derah XI Jawa Tengah Angkatan II dan III, Rabu 5 Juni 2012 dimulai
  1. Pemimpin Upacara memasuki tempat upacara.
  2. Kiranya (Kakak Drs. Suhadi, HS Kapusdiklatda Jawa Tengah, selaku Pembina Upacara berkenan menempatkan diri.
  3. Laporan Pemimpin Upacara (Pemimpin Upacara lapor kepada Pembina Upacara didahului penghormatan perorangan).
  4. Sekapur sirih api unggun.
  5. Dengar apa yang tersirat dalam Dasa Dharma Pramuka, kita tanamkan dalam hati... kita hayati dan kita amalkan dengan sepenuh usaha. Ksatria Pramuka Indonesia dengan langkah penuh penghayatan, menyalakan api semangat Dasa Dharma. (Petugas Pembawa obor maju dan mengucapkan Dasa Dharma diiringi music).
  6. Pembina Upacara berkenan untuk menyalakan api unggun.
  7. Marilah kita dengarkan sambutan pembina upacara, sebagai bekal bhakti kita di gerakan Pramuka.
  8. Marilah kita menundukkan kepala, menghadap Kehadirat-Nya, semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan karunia-Nya kepada seluruh warga Gerakan Pramuka, dalam usahanya memberikan dharma baktinya, mengabdi kepada Ibu Pertiwi, guna tercapainya tujuan Gerakan Pramuka, dan tujuan bangsa serta Negara Tercinta.
  9. Laporan pemimpin upacara (Pemimpin Upacara lapor kepada Pembina Upacara kemudian melakukan penghormatan perorangan).
  10. Pembina Upacara berkenan menempati kursi  undangan, untuk menyaksikan pentas seni kreasi peserta Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjutan.
  11. Pemimpin Upacara masuk dalam lingkaran persaudaraan.
  12. Akhirnya... selamat berapi unggun dan menikmati malam gembira dengan menyaksikan pentas seni kreasi dari perwakilan peserta Kursus yang dipandu oleh Kak Mung dan Kak Yusup.

2 komentar: